AC BEKAS SURABAYA pengertian thermistor AC

AC BEKAS SURABAYA. Pengertian THERMISTOR

Salah satu komponen AC utama yang sangat vital dan bisa menyebabkan AC kurang dingin atau bahakan tidak dingin adalah THERMISTOR. Kerusakan THERMISTRO yang sangat parah bisa menyebabkan keruakan pada unit outdoor terutama KOMPRESOR. Sedangkan kita tahu rusaknya kompresor bisa menhabiskan biaya yang sangat mahal, jika di total habisnya hampir sama dengan beli AC baru.

THERMISTOR Adalah : Jika di artikan dalam bahasa indonesia artinya temperatur atau suhu. Sedangkan THERMISTOR berarti alat sparepart AC yang berfungsi sebagai sensor yang dapat membaca suhu ruangan sekaligus berfungsi juga sebagai pengendali atau pengatur suhu suatu ruangan yang kita inginkan. suhu ruangan yang lebih panas akan mengeksikusi unit outdoor untuk terus beroperasi menghasilkan dingin pada ruangan sesuai dengan kebutuhan. Rata AC memiliki kemampuan untuk mendinginkan ruangan 16 derajat hingga 30 dearajat. Jika kita ambil rata- rata penggunaan temperatur AC pada suatu ruangan di kisaran 27 derajat.
THERMISTOR memiliki 2 bagian yakni sensor pipa dan sensor udara. Sensor pipa berfungsi mendeteksi dingin yang ada pada evaporator AC. Apabila pipa evaporator tidak dingin karen ada kelainan sperti kurang freon atau yang lainnya, maka sensor mengirim sinyal ke IC utama kemudian dioalah dan menghentikan kerja mesin Outdoor. Apabila sensor ini mengalami kerusakan sehingga tidak bisa mendeteksi dingin pipa evaporator, sehingga mesin outdoor jalan terus menerus meskipun unit outdoor AC bermasalah, maka kerusakan kompresor tidak akan terhindarkan.
Yang kedua adalah sensor udara. sensor ini bertugas sebagai pemabaca atau mendeteksi suhu udara yang sedang terjadi. Apabila temperature udara ini membaca temperatur udara yang tidak sesuai dengan yang kita inginkan maka sensor ini mengirim sinyal ke IC utama, kemudian diolah dan IC utama akan menjalakan unit outdoor untuk terus bekerja atau berhenti berkerja melalui komponen relay yang berfungsi sebagai switch. melemahanya komponen ini biasanya di tandai dengan hembusan angin AC yang terlalu dingin atau bahkan tidak dingin sama sekali. Sedikit berbagai pengetahuan tentang sparepart AC semoga bisa berguna dan bisa menambah wawasan kita. Untuk informasi lebih jelas silahkan klik disini